tips memilih mesin jahit untuk pemula

Tips Memilih Mesin Jahit Untuk Pemula

tips memilih mesin jahit untuk pemula

Tips memilih mesin jahit untuk pemula. Bagi kamu yang baru belajar menajhit, pasti mempunyai kebingungan sendiri dalam memilih mesin jahit yang cocok buat pemula. Di pasaran banyak berbagai model dengan merk-merk yang terkenal, seperti Singer, Janome, Butterfly, dan masih banyak lagi.

Trus apa saja sih, tips memilih mesin jahit untuk pemula yang pas dikantong juga cocok untuk memulai belajar menjahit.

1. Kebutuhan

Kebutuhan yang dimaksud disini adalah kebutuhan menjahit kamu. Jika nantinya menjahit akan dijadikan sebuah pekerjaan, maka lebih baik membeli mesin jahit yang bagus. Karena nantinya mesin jahit akan bekerja secara terus-menerus jadi memilih mesin jahit yang memiliki merk dan fungsi bagus sangat disarankan. Namun jika mejahit hanya akan dijadikan hobi semata, pilihlah mesin jahit yang sedang-sedang saja cukup.

2. Budget

Membeli mesin jahit untuk pemula tidak harus langsung yang mahal. Sesuaikan budget yang kamu punya, dipasaran banyak jenis mesin jahit yang harganya mulai dari sejutaan. Jika tidak bisa membeli dengan harga baru, kamu bisa mencari mesin bekas namun yang memiliki kondisi yang masih normal.

3. Pilih Merk

Menentukan merk mesin jahit adalah point berikutnya yang perlu kamu lakukan. Dipasaran Indonesia sendiri sudah banyak merk mesin jahit yang terkenal, seperti Singer, Butterfly, Janome, Juki, Brother. Memilih merk mesin jahit yang merknya sudah terkenal bagus memang baik, karena mungkin komponen yang dipakai juga bisa awet. Namun apakah jenis mesin jahitnya sesuai dengan kebutuhan tidak, lagi-lagi yang kita lihat adalah kebutuhan menjahit.

4. Jenis dan Fitur Mesin Jahit

Setelah menentukan merk, selanjutnya memilih jenis mesin jahit yang seperti apa yang akan kita butuhkan. Mungkin banyak di toko mesin jahit yang menawarkan mesin jahit merk tertentu dengan kelebihan fitur yang dimiliki. Namun kita lihat lagi apakah fitur-fitur tersebut akan banyak kita gunakan atau tidak. Lebih baik memilih jenis mesin jahit dengan fitur yang biasa dan sering digunakan.

5. Survei

Hal terakhir yang bisa dilakukan sebelum membeli mesin jahit adalah melakukan banyak survei baik secara langsung maupun melalui internet. Dalam survei kita lihat harga dan jenis mesin jahit apakah sesuai atau tidak.

Demikianlah beberapa tips memilih mesin jahit untuk pemula yang mungkin bisa jadi rujukan anda dalam menentukan untuk membeli mesin jahit yang seperti apa. Untuk pemula tidak disarankan untuk menggunakan mesin jahit yang high speed, karena mungkin akan kaget jika belum terbiasa dengan kecepatannya. Bisa juga membaca rekomendasi mesin jahit untuk pemula.