mengenal tentang kain corduroy

Mengenal Tentang Kain Corduroy

Apa itu kain corduroy ? Mungkin bagi sebagian orang kain corduuroy masih asin ditelinga. Namun belakangan fashion yang terbuat dari jenis kain ini sedang mengalami trend kembali. Berikut ini kita bahas jenis kain yang satu ini, untuk yang ingin lebih mengenal tentang kain corduroy lebih jauh, simak yuk.

mengenal tentang kain corduroy

Pengertian kain corduroy

Kain corduroy merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas tebal yang diplintir. Kapas yang digunakan untuk membuat kain ini adalah kapas yang tebal dan memiliki tekstur yang halus dan baik. Jenis kain ini berbentuk mirip seperti gerigi dari beludru, dengan tekstur permukaan kain membentuk garis-garis kain.

Fashion item yang terbuat dari bahan corduroy akan menampilkan kesan vintage. Awalnya jenis kain ini digunakan untuk bahan dasar pembuatan seragam berbagai cabang olahraga pada tahun 70-an. Namun semakin berkembangnya zaman juga mempengaruhi perkembangan fashion, sekarang bahan corduroy banyak digunakan dalam pembuatan fashion item apa saja.

Kain corduroy memiliki karakteristik kain yang lembut, tebal, dan tahan lama. Bahan ini memiliki beberapa tipe kelenturan kain atau biasa disebut dengan ukuran wale, dengan ketentuan semakin kecil nomor wale maka semakin tebal lebar wale. Di pasaran kain ini memiliki beberapa macam ukuran lebarnya mulai dari 1,5 sampai 21 inci. Namun untuk ukuran standarnya yaitu antara 10 dan 12 inci.

Baca juga : Macam-Macam Kain Linen

Kelebihan kain corduroy

Selain tebal dan nyaman digunakan kain ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

  1.  Awet, pembuatan kain yang di twist dulu sebelum di tenun membuatnya lebih awet dan tahan lama. Ditambah dengan serat yang rapat dan kuat juga mempengaruhi keawetan kain ini.
  2. Ringan, meskipun termasuk kain yang tebal namun bahan ini tidak memiliki bobot yang berlebih. Kain ini akan sangat terasa ringan walaupun pada tipe yang paling tebal.
  3. Tampak Mewah, kain jenis ini memiliki serat garis yang sedikit mengkilap, sehingga menampilkan kesan yang lebih mewah dan glamour.
  4. Hangat, karena memiliki sifat kain yang tebal membuatnya terasa hangat namun tetap lembut. Dan tidak perlu khawatir karena jenis kain ini tidak menerawang.

Jenis kain ini sering disamakan seperti kain beludru. Namun sebenarnya berbeda. Perbedaan corduroy dan beludru adalah jika kain beludru memiliki tumpukan fiber yang tebal yang diakibatkan oleh loops pada lungsin. Sedangkan jenis kain corduroy tumpukan fiber dihasilkan oleh ekstra fiber tambahan pada pakan.

Cara Merawat Kain corduroy

Dengan segala kelebihan yang dimiliki kain jenis ini, sebenarnya cara merawatnya pun sangat mudah. Cara merawat pakaian dari kain corduroy hanya perlu membersihkan area yang bernoda sebelum mencuci dengan lembut, serta jangan menggunakan sikat ketika mencuci. Karena penggunaan sikat bisa menyebabkan serat kain rusak. Kesringan mencuci pakaian yang berbahan korduroi juga tidak begitu baik, karena bisa mempercepat kerusakan serat kain.

 

Itulah penjelasan singkat untuk lebih mengenal tentang kain corduroy, semoga bermanfaat.