macam-macam jenis kain jersey

Macam-Macam Jenis Kain Jersey

Kain Jersey menjadi salah satu kain yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para produsen busana. Karena mulai menjamurnya busana dari kain ini, para produsen kain juga mulau menciptakan macam-macam jenis kain jersey yang berkualitas. Namun sebenarnya apa soh kain jersey ? Bagaimana sifat bahan jersey ?

Pengertian Kain Jersey

macam-macam jenis kain jersey

Kain Jersey adalah salah satu bahan yang terbuat dari serat katun sepenuhnya ataupun dicampur dengan serat sintetis. Bahan jersey memiliki sifat yang strech ( mulur ) dan halus. Karakteristik lainnya yang dimiliki bahan ini adalah elastis, lentur, sedikit tipis, dan jatuh. Dipasaran kain ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuat kaos, blouse, gamis, kerudung, dll.

Karakteristik kain jersey

a. Bahan jersey terkenal memiliki berbagai warna yang menarik dengan beberapa tingkatan grade.
b. Kain ini mampu menyerap keringat dengan baik dengan sifatnya yang cepat kering.
c. Tidak mudah kusut, serta jatuh saat digunakan, busana dari kain jersey juga cukup awet.
d. Serat kain yang tipis membuatnya sedikit menerawang dan cepat rusak jika terlalu sering disetrika.

Tersedia dalam berbagai pilihan macam warna membuatnya cukup populer. Ada pula pilihan jenis kain jersey dari yang premium sampai yang biasa.

Jenis Kain Jersey

Ada berbagai macam jenis kain jersey dipasaran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan produk yang akan dibuat.

1. Kain Jersey High Twist

Jenis kain jersey yang satu ini merupakan kain yang cukup banyak dipasaran karena memiliki harga yang terjangkau. Kain ini memiliki karakteristik serat kain yang rapi dan sedikit mengkilap. Dipasaran jenis bahan ini memiliki banyak variasi warna yang beragam.

2. Kain Jersey Etiway

Bahan jersey yang ini hampir sama seperti kain jersey high twist. Namun yang membedakan diantara keduanya yaitu beratnya, jersey etiway memiliki berat 210 gsm dengan lebar 180 cm. Selain itu jika dilihat secara seksama, serat rajutan pada kain jersey ini sedikit tidak rapi.

3. Kain Jersey Spandek

Jersey spandek memiliki serat yang halus dan permukaan kain yang keset sebagai ciri khasnya. Kain ini memiliki penampilan yang sedikit mengkilap dan saat digunakan tidak menimbulkan panas karena bahannya yang lembut. Berat jenis kain ini biasanya 280 gsm.

4. Kain Jersey Sherly

Jenis kain jersey yang satu ini memiliki kualitas yang rendah karena harganya yang terbilang cukup murah. Bahan jersey ini juga yang paling banyak digunakan oleh produsen gamis murah.

5. Kain Jersey Rayon

Kain ini juga banyak digunakan untuk produksi gamis. Namun kualitas kain jenis ini lebih baik dari jersey sherly. Bahan jersey rayon lebih lembut dan mudah dalam menyerap keringat.

6. Kain Jersey Stella

Jenis bahan jersey ini memiliki kualitas yang super, namun masih dibawah jersey spandek. Karakteristik bahan ini yaitu lembut dan sedikit lebih licin.

7. Kain Jersey Serena

Kain jersey ini memiliki serat yang lebih padat dan lembut. Bahan ini memiliki kualitas yang hampir sama seperti produk dari Nike ataupun Adidas. Sifatnya yang mudah menyerap keringat membuatnya cukup populer untuk pembuatan seragam olahraga. Selain itu kain ini juga lebih elastis.

8. Kain Jersey Paragon

Jenis kain jersey yang satu ini sering digunakan untuk membuat seragam basket. Karena karakteristik yang dimiliki kain ini lebih hangat dan tidak mudah melar, sehingga membuat tubuh sipemakai tercetak.

9. Kain Jerset Crepe

Bahan Jersey crepe memiliki permukaan yang bertekstur seperti kulit jeruk. Hal tersebut yang membuat kain ini cukup unik. Biasanya jenis kain ini digunakan untuk membuat seragam olahraga, rok, ataupun blouse.

10. Kain Jersey Drifit

Jenis bahan ini terbuat dari serat katun, poliyester, da nilon. Sehingga memberikan sifat yang ringan dan adem ketika digunakan. Bahan jerset ini biasanya digunakan untuk membuat jersey printing pada busana olahraga sepakbola, tenis, dan badminton.

Baca Juga : Keistimewan Kain Toyobo Untuk Gamis

Dipasaran harga setiap jenis kain jersey berbeda, biasanya untuk jersey yang super atau grade A memiliki harga diantara 60.000 sampai diatas 90.0000. Sedangkan untuk kain jersey biasa berada di kisaran 25.000 sampao 30.000.

Itu dia macam-macam jenis kain jersey yang bisa Anda pilih untuk membuat hasil produk yang sesuai keinginan.