cara merawat kebaya kain brokat

Cara Merawat Kebaya Kain Brokat

Kain brokat merupakan jenis kain yang penuh dengan dekorasi. Jenis kain ini biasanya terbuat dari serat sutra ataupun serat yang tipis berwarna.Biasanya brokat dijadikan sebagai lapisan sebuah busana, seperti kebaya, gaun. Tekstur kain brokat yang tidak teratur pada permukaannya kadang kala membuat bingung ketika mencucinya. Lalu bagaimana cara merawat kebaya kain brokat ?

cara merawat kebaya kain brokat

Kebaya merupakan salah satu busana khas wanita Indonesia. Jenis-jenis model kebaya pun kini tersedia banyak model dipasaran. Dari yang berbahan sutra, payet, dan brokat. Pencucian kebaya tidak boleh sembarangan, terlebih lagi jika kebaya tersebut berbahan brokat. Karena jika tidak hati-hati dalam mencucinya maka dapat merusak tekstur dari benang brokat itu sendiri.

Tips Mencuci Kain Brokat

1. Jangan mencuci dengan mesin cuci

Kain brokat sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan, penggunaan mesin cuci bisa megakibatkan tekstur kain rusak.

2. Hindari Deterjen

Pada deterjen terdapat berbagai bahan zat keras yang bisa merusak kain brokat. Namun jika memang mengharuskan menggunakan deterjen, pilihlah yang tidak mengandung bahan aktif yang terlalu keras. Karena untuk menghilangkan noda bisa memanfaatkan air jeruk nipis.

3. Jangan dikucek

Kain berbahan brokat sebaiknya tidak dikucek, setelah direndam angkat kemudian bilas dengan mencelupkan kebaya ke air yang lebih bersih. Dan jangan di peras terlalu kencang cukup diremas-remas.

4. Hindari Matahari Langsung

Dalam proses penjemuran kain brokat, lebih baik menghindari matahari langsung, cukup di angin-anginkan saja. Karena agar warna kain brokat tidak luntur.

Itulah beberapa tips mencuci kain brokat yang baik, lalu bagaimana merawat kebaya kain brokat supaya awet ?

Baca Juga : Cara Merawat Kain Batik Yang Benar

Tips merawat kebaya kain brokat

Untuk menjaga keawetan kebaya yang berbahan brokat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Jangan terlalu sering dicuci. Karena biasanya kebaya hanya dipakai beberapa jam saja, jadi cukup digantung dan diangin-anginkan saja pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

2. Jika hendak di setrika kain brokat ada baiknya dilapisi kain tipis di atasnya. Hal ini karena bahan brokat tidak boleh terkena panas secara langsung.

3. Penyimpanan kebaya berbahan brokat sebenarnya bisa dilakukan dengan cara digantung ataupun dilipat. Jika hendak dilipat maka bisa dimasukkan ke dalam kotak supaya tidak bercampur dengan busana lainnya.

4. Ketika menyimpan kain brokat hindari untuk menambahkan kamper atau kapur barus. Untuk mencegah kelembapan bisa diganti dengan menggunakan silica gel. Karena penggunaan kamper ataupun kapur barus dapat merusak kain brokat itu sendiri.

 

Bagaimana ? Tidak sulit bukan cara merawat kebaya kain brokat ?