cara membuat kasur bayi model kolam

Cara Membuat Kasur Bayi Model Kolam

cara membuat kasur bayi model kolam
pinterest.com

Kasur bayi merupakan kebutuhan yang sebenarnya wajib tidak wajib punya sih. Tapi lebih baik untuk bayi yang baru lahir samapi 3 bulan mempunyai kasurnya sendiri. Dipasaran sudah banyak dijual kasur-kasur bayi dengan segala model dan bentuk. Mungkin bagi Ibu-ibu kreatif akan lebih puas jika bisa membuat sendiri kasur untuk bayinya sendiri ya. Lalu bagaimana sih cara membuat kasur bayi model kolam dengan mudah.

Sebelum memulai perlu perhatikan dalam memilih kain yang akan digunakan, pastikan untuk memilih kain yang bagus, karena natinya akan di tempati oleh bayi dimana kulit bayi masih sangat sensitif. Pilih lah kain yang memiliki tekstur halus, lembut, serta bisa meyerap keringat dengan dengan baik. Misalnya kain katun dengan serat alami, kain mikrofiber, serat bulu domba, lain sutra.

Cara membuat kasur bayi model kolam sendiri tanpa ribet, berikut tutorialnya

Baca juga : Cara Membuat Bantal Menyusi Sendiri

Alat dan Bahan

sebelum memulai membuat, siapkan alat dan bahan yang akan di perlukan

  • Mesin jahit
  • Jarum jahit tangan
  • Gunting
  • Meteran
  • Kapur jahit/Pensil
  • Benang
  • Kain
  • Dakron lembaran ( 50 x 70 cm )
  • Dakron kiloan ( 2kg)

Langkah-langkah membuat kasur kolam

Nantinya kasur yang akan dibuat berbentuk kolam persegi, dengan contoh pola berikut ini

cara membuat kasur bayi model kolam

Yang pertama, ukur kain yang telah disiapkan menjadi 100 cm x 80 cm ( dua lembar ) bisa menggunakan dua motif yang berbeda. Dan ukuran 4 cm x 10 cm ( 8 lembar ), kemudian gunting.

Setelah terpotong semua, jahit semua kain ukuran 4 x 10 cm seperti jahit bisban sampai membentuk sebuah tali.

Berikutnya, siapkan kain ukuran 100 cm x 80 cm untuk di jahit pinggirannya. Posisikan kain dengan bagian baik saling berhadapan, lalu letakkan tali di setiap sudut kain yang telah di beri tanda sesuai pola.

Jahit semua sisi kain, sisakan sekitar 20 cm untuk membalik. Kemudian setelah kain dibalik dijahit lagi sesuai garis merah.

Langkah selanjutnya, isikan dakron kiloan mulai dari bagian paling atas setelah terasa penuh tutup lubang dengan mesin jahit. Masukan dakron lembaran dan rapikan, setelah rapi kemudian jahit bagian bawah kain pas dakron, lalu jahit bagian tengah supaya posisi dakron tidak bergeser.

Isikan dakron ke bagian samping, ratakan kemudian tutup lubang dengan mesin jahit. Tutup pula semua sisi yang masih terbuka dan sisakan bagian bawah. Kemudian isi bagian bawah tadi dengan dakron, dan tutup dengan menggunakan jahit tangan ( untuk bagian sudut tidak perlu di isi dakron ).

Selesai.

Gimana ? Mudah bukan membuat kasur bayi bentuk kolam ini.

Baca juga : Cara Membuat Selimut Bayi Yang Gampang